Kunjungan Kerja Tim PKH Kabupaten Magelang

Dikirim 4 July 2012 14:14 Pada Berita
Print

Dalam rangka penanganan kemiskinan, Kementerian Sosial RI mengalokasikan Program Keluarga Harapan (PKH) pada Tahun 2012 untuk Kabupaten Magelang. Mengingat program tersebut merupakan program baru bagi Kabupaten Magelang, maka perlu untuk mempelajari hal-hal yang terkait dengan Program Keluarga Harapan dari kabupaten yang telah terlebih dahulu melaksanakan dan untuk itu dipilihlah Kabupaten Sleman sebagai tujuan kunjungan kerja.

Selain lokasi yang dekat, Kabupaten Sleman sejak tahun 2008 telah  melaksanakan Program Keluarga Harapan.  Dalam kunjungan kerja yang dilaksanakan pada hari Selasa, 19 Juni 2012 pukul 12.00 WIB  di Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman, Tim PKH Kabupaten Magelang yang terdiri dari berbagai Dinas/Instansi diantaranya Disnakersostrans, Bappeda, Disdikpora, Dinkes, Kantor Kemenag, Bapermas, perempuan & KB, Diskominfo) diterima langsung oleh Kepala Dinas dengan didampingi Tim PKH Kabupaten Sleman yang terdiri dari Dinas Tenaga Kerja dan Sosial, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Dinas Kesehatan, Bappeda dan Kantor Kementerian Agama serta operator dan pendamping PKH Kecamatan.

      Paparan disampaikan oleh Kepala Seksi Bina Sosial yang bertanggung jawab terhadap Program Keluarga Harapan (PKH). Agar lebih memahami program tersebut maka acara difokuskan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Adapun hasil dari kunjungan kerja tersebut Tim PKH Kabupaten Magelang mendapatkan gambaran mengenai PKH dan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sasaran PKH adalah keluarga sangat miskin. Peserta PKH mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan peserta Jamkesmas.

2. Dinas Pendidikan melakukan sosialisasi tentang PKH kepada UPT, Sekolah, Pengawas dan Penilik untuk meningkatkan angka wajib belajar 9 tahun. Anak didik peserta PKH diutamakan mendapat beasiswa miskin.

3. Anggaran APBD dimanfaatkan untuk penambahan honor pendamping, rapat koordinasi di tingkat Desa, publikasi surat kabar, memberikan advokasi, resosialisasi terus-menerus.

(Dibaca Sebanyak 912 kali)

 

Link Terkait:

Copyright © 2012 Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kabupaten Sleman.All Rights Reserved